Mengapa siswa SMP senang bermain games online?

Seperti yang kita ketahui sekarang, sangat banyak siswa SMP yang senang bermain online games. Sebelum kita mengetahui kenapa mereka senang bermain online games, kita cari tau dulu yuk apa itu online games?



Menurut wikipedia, online game adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer. Jaringan yang biasanya digunakan adalah jaringan internet dan yang sejenisnya serta selalu menggunakan teknologi yang ada saat ini, seperti modem dan koneksi kabel. Biasanya online games disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online, atau dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut. Sebuah game online bisa dimainkan secara bersamaan dengan menggunakan computer yang terhubung ke dalam sebuah jaringan tertentu.

Kalau ditanya ‘kenapa suka main online games?’ mayoritas orang pasti jawab ‘karena seru’. Ada gak ya jawaban lain selain  itu? Sebenernya, bermain online games bisa menambah teman, karena teman main online games orangnya pasti bukan itu-itu saja. Jadi kita bisa nambah teman dari berbagai negara tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Bermain online games juga bisa melatih respon dan kecepatan berpikir seseorang lho, karena online games menuntut para pemainnya untuk menyusun strategi dalam waktu yang singkat.

Online games jika dimanfaatkan dapat membuka peluang bisnis dan lahan mandapatkan penghasilan tambahan. Misalnya saja dengan menjadi pengusaha game centre, berjualan voucher permainan, atau bahkan melakukan transaksi jual beli melalui permainan.

Jadi bermain online games itu banyak manfaatnya, beberapa dampak positif diatas bisa mendukung orang yang menyukai online games. Tapi, ada juga beberapa orang yang melihat online games berdasarkan dampak negatifnya.

Dampak negatif online games contohnya, sosialisasi fisik berkuranng karena pemain lebih sering bermain di dunia maya. Tetapi, hal itu juga bisa diatasi. Caranya, pemain online games harus bisa membagi waktu baik di dunia maya maupun di lingkungan sekitarnya. Jangan sampai main game seharian. Kalau bermain game seharian, selain sosialisasi fisik yang kurang mata juga lama-lama akan sakit karena terus-terusan menatap layar komputer maupun handphone.

Jadi intinya, beberapa orang mungkin menyukai online games karena seru dan bisa menambah teman. Walaupun online games itu seru, sebaiknya pemain bisa membagi waktu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku 'Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi'

Kebersihan Kelasku