Resensi Buku 'Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi'

Penulis : Wijaya Kusumah, S.Pd., M.Pd.
Penyunting Isi & Bahasa: Yuan Acitra, S.E.
Penata Letak: Kancilmas
Penyelaras: Marcella Virginia
Pemodifikasi Desain sampul: Haris Juniarto
Edisi Bahasa Indonesia
Hak cipta 2012 PT INDEKS
Permata Puri Media Jl. Topaz Raya C2 No. 16
Kembangan-Jakarta Barat 11610
indeks@indeks-penerbit.com
www.indeks-penerbit.com
ISBN (10)          979-062-339-9
          (13)  978-979-062-339-2
Cetakan pertama, 2012
Tebal buku : 302 halaman dengan 75 judul
Buku ini dimulai dengan 'Sekapur Sirih' dan diakhiri dengan 'Profil Penulis'. Sedangkan, judul pertama buku ini adalah 'Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi' dan judul terakhirnya adalah 'Berkat Menulis Aku Dapat iPad'.
Sejak Omjay memilik blog pribadi, setiap hari Omjay berusaha kuat untuk menulis. Karena, jika tidak menulis satu hari saja, Omjay merasa ada yang hilang pada dirinya. Biasanya, Omjay membaca buku sebanyak-banyaknya terlebih dahulu baru menulisnya. 
Menulis dan membaca adalah dua kegiatan yang tidak dapat dipisahkan, tidak ada penulis yang tidak rajin membaca. Motto Omjay " Tiada hari tanpa menulis", dalam keadaan apapun harus menulis, jika hari ini tidak menulis maka esok hari harus menulis dua kali lipat. Komitmen itu harus dipegang teguh, hukuman bagi diri sendiri perlu dilakukan. Kebiasaan menulis Omjay di Blog ternyata menghasilkan karya yang luar biasa. 
Dalam creative writing, menulis kreatif itu sebenarnya mudah, kitalah yang membuat susah sendiri, kita seringkali tidak percaya dengan kemampuan sendiri. Salah satu cara  menulis kreatif adalah dengan menulis di blog, menulis apa saja yang disenangi dan dikuasai. 
Menulis dan menulis, yang harus diingat bahwa kita harus bertanggung jawab terhadap apa yang kita tulis. Melalui kompasiana, Omjay menuangkan seluruh kemampuan dan ide-ide cemerlang beliau, tak hanya prestasi tapi pendapatan dari menulis dapat dengan mudah Omjay dapatkan. 
Satu hal yang patut dicontoh adalah selalu menyisihkan uang untuk membeli buku. Dari buku yang di beli Omjay semakin piawai dan inovatif dalam berkarya. Ternyata banyak referensi sama halnya banyak ide dan ilmu yang didapatkan. 
Kelebihan buku ini adalah ajakan menulis buku yang disampaikan  Omjay sangat mudah dipahami, buku yang memberikan motivasi terutama kepada penulis pemula, mengingatkan kepada para pembaca bahwa tindakan penjiplakan karya orang lain tidak patut dilakukan, sebaiknya selalu izin jika mengambil tulisan orang lain. Memberikan tips-tips bagaimana menulis dan bagaimana memanage waktu, kapan waktu terbaik untuk kita menulis. 
Kekurangan buku ini adalah diakhir bagian masih membahas hal yang sama sehingga pembaca harus kembali ke inti cerita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lab Komputer SMP Labschool Jakarta

Mengapa siswa SMP senang bermain games online?