SAKSI 2019

SAKSI (Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia) ke-17 dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan tanggal 3 Februari 2019. Peserta SAKSI ini adalah angkatan 27 dan 5 orang angkatan 26. Dilaksanakan di Kostrad Sangga Buana Karawang dan dilatih oleh tentara membuat peserta SAKSI lebih mandiri.
1 Februari 2019
Setelah melakukan Pra-SAKSI, akhirnya tanggal 1 Februari tiba. Kami berangkat pada pagi hari. Setelah dibariskan di halma, kami menuju bus masing-masing. Selama perjalanan saya bertukar cerita dengan teman yang duduk di sebelah saya. Setelah melakukan perjalan selama beberapa jam, kami akhirnya sampai di Sangga Buana dan langsung melakukan apel pembukaan SAKSI 2019 di bawah terik matahari. Apel selesai, kami menuju ke atas untuk mendapatkan materi dan salat. Kami tidur di barak, dan barak itupun juga terletak di atas. Jadi, seluruh kegiatan yang kami lakukan seluruhnya terletak di atas kecuali satu kegiatan.
Sampai di atas, kami baris dan masuk ke tenda untuk mendapatkan materi. Materi pertama adalah tentang kepemimpinan. Materi ini disampaikan oleh salah seorang bapak tentara. Setelah mendapat materi, semua laki-laki melaksankan Shalat Jum'at dan yang putri melakukan keputrian. Setelah shalat, kami mendapatkan makan siang. Dan makan siang itu adalah makan komando atau biasa disebut juga 'makom'. Para tentara memberi kami waktu untuk makan dan menggunakan hitungan. Jadi, kalau ada teman yang makanannya belum habis, kami juga harus membantu. Saat makan siang juga ada suara 'ledakan' dan kami harus tiarap. Kami mengambil makanan sendiri menggunakan nampan. Makanannya adalah nasi, daging, sayur, dan buah. Tentu saja dengan air minum.
Setelah makan, kami mendapat materi kedua tentang reptil. Materi ini disampaikan oleh kakak-kakak dari Segara. Kami belajar tentang ular karena ular adalah hewan buasa yang kehidupannya paling dekat dengan manusia. Mereka membawa  beberapa contoh ular. Ada yang tidak berbisa, berbisa sedang, sampai berbisa berat.  Mereka juga membawa ular cobra. Ular yang bisa 'menyemburkan' bisanya. Materi kedua pun selesai, dilanjutkan oleh materi ketiga tentang bahaya narkoba yang disampaikan oleh Dr. Victor. Beliau memegang banyak rekor baik nasional maupun internasional. Beliau juga menyisipkan hiburan saat sedang mengajar. Contohnya 'Michael Jackson Indonesia'. Ada beberapa murid yang diminta untuk maju dan nantinya akan mendapatkan hadiah dari Dr. Victor.
Setelah materi ke-3 selesai, dilanjutkan oleh shalat Maghrib dan langsung makan malam. Makan malam kami pun juga makom. Pokoknya, semua makan yang kita lakukan kecuali camilan adalah makom. Setelah makan, kami melakukan fun games yang seru banget. Pemenang fun games adalah putra. Walaupun putri gak menang, fun gamesnya tetap saja seru banget. Setelah fun games kami kemabli ke barak dan tidur.
2 Februari 2019
Kami bangun jam setengah 4 untuk melakukan shalat subuh. Setelah shalat, kami melakukan senam pagi dibimbing oleh bapak tentara. Setelah senam, kami makan pagi dan melakukan outbond. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok. Kegiatan out bondnya seru-seru. Apalagi yang menyebreangi kolam menggunakan tali. Sebelum menyeberangi kolam, tentu saja saya sudah melakukan aktivitas outbond lainnya.  Setelah menyeberangi kolam, saya melakukan kegiatan yang memanjat tali. Setelah melakukan itu, kami langsung ke sungai. 
Kami harus turun terlebih dahulu baru sampai sungai. Setelah sampai sungai, kami akan jalan dari satu tempat ke tempat lainnya. Kami berjalan ditengah derasnya aliran air sungai. Setelah selesai di sungai, kami naik untuk melakukan kegiatan lainnya. Tiap-tiap kegiatan outbond meninggalkan kesan tersendiri bagi kami. Setelah itu kita makan. Setelah makan ada peragaan busana dari setiap kelompok. Kebetulan kelompok saya mendapatkan daerah Sulawesi Utara. Jadi, perwakilan dari kelompok saya menggunakan baju daerah dari Sulawesi Utara. Setelah melakukan pergaan busana, ada pentas seni. Setiap kelompok harus tampil. Penampilan dari setiap kelompok bermacam-macam, ada yang bernyanyi, ada yang menari, bahkan ada yang melakukan drama. Setelah pensi selesai, kami pergi ke barak untuk tidur.
3 Februari 2019

Kami melakukan apel penutupan. Tentu saja dii dahului makan pagi. Setelah itu ada pengumuman-pengumuman dan foto kelas. Setelah foto kelas, kami kembali ke SMP Labschool Jakarta dan alhamdulillah sampai dengan selamat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku 'Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi'

Lab Komputer SMP Labschool Jakarta

Mengapa siswa SMP senang bermain games online?